Ada semakin banyak orang yang mengenakan kerudung, atau lebih tepatnya mereka yang akrab dengan niqabis, di negara ini. Keberadaan cadar juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

Dengan bertambahnya pemakai cadar, permintaan terhadap cadar semakin meningkat dan berbagai model cadar tumbuh sesuai dengan gaya busananya masing-masing.

 

Cadar Tali

Cadar jenis ini paling sederhana dan praktis, cocok untuk wanita muslimah yang ingin belajar berhijab. Umumnya bahan yang digunakan tipis agar tidak terbuka saat digunakan dan melar untuk menutupi bagian dada.

Didesain dengan tali yang bisa diikat di belakang kepala.

 

Niqab Mesir

Niqab Mesir ini merupakan jenis kerudung yang banyak digunakan oleh wanita muslimah Indonesia saat ini karena terlihat lebih simpel dan lebih nyaman dipakai. Terdiri dari 2 bagian yaitu purdah dan kerudung dengan tali untuk pengikat.

 

Cadar Yaman

Jenis ini memiliki 2 model yaitu dengan 2 lapis dan hanya 1 lapis. Modelnya hampir sama dengan kerudung mesir, bedanya mata dibuat tanpa titik agar nyaman dipakai dan tidak menghalangi pandangan, bagian yang menutupi wajah (cadar) panjang, untuk menutupi aurat.

 

Cadar Poni

Cadar dengan poni terlihat unik dengan pola kerudung yang menutup mirip dengan poni yang jatuh di dahi. Dikenal juga sebagai kerudung mata tersembunyi, varian kerudung ini berbentuk kotak dengan bukaan di tengah untuk mata sehingga saat memakainya, orang lain hanya bisa melihat mata.

 

Cadar Bandana

Seperti namanya, bandana bahannya lebar dan dipakai di kepala, kerudung bandana juga memiliki pita lebar. Cadar jenis ini juga banyak dipilih oleh anak muda karena tampilannya yang cantik, lebih fashionable dan lebih menarik.

 

Hadramaut Bis

Jenis kerudung ini diperkenalkan oleh salah satu pembuat kerudung di Indonesia. Modelnya cukup unik denganbagian ujung jilbab yang tidak dijahit seperti biasanya tetapi diberi pita bisque kecil untuk memperindah tampilan.

 

Cadar Saudi

Selain sebagai penutup bagi wanita muslimah di Arabia, mereka menggunakannya untuk menghindari pengaruh sinar matahari dan debu. Terdiri dari tiga bagian yaitu Purdah petak, penutup muka dan tali.

 

Cadar Ritz

Kerudung jenis ini lebih mudah dipakai karena kerudung sudah menempel di kerudung dengan ritsleting di sisi kerudung, sehingga sangat nyaman digunakan. Dengan model panjang dan lebar yang mencapai lutut wanita dewasa, Ritz Veil tetap nyaman karena terbuat dari bahan yang lembut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.