Kelonggaran yang diterapkan saat masa pandemi Covid 19, langsung berdampak pada penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Ledakan penumpang saat akhir pekan ini tampak mengabaikan protokol kesehatan Covid 19. Mereka tampak berkerumun, serta keluar masuk Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta.

Petugas terlihat tak mengatur jarak antrean calon penumpang pesawat tersebut. Mereka leluasa hilir mudik dalam keramaian orang. "Terbang sekarang jadi enggak ribet, enggak banyak aturan aturannya," ujar Iyet, penumpang pesawat, di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Minggu (10/10/2021).

Dia telah terbang dari Sumatera Utara ke Jakarta. Proses perjalanan pun tanpa hambatan. "Sudah longgar kok, sekarang hanya butuhscanaplikasi PeduliLindungi," ucapnya.

Kendati demikian, kelonggaran aturna saat ini, membuatnya agak khawatir tertular virus corona atau Covid 19. Pasalnya, kata Iyet, pandemi Covid 19 belum berakhir hingga saat ini. "Ya ada khawatir, karena kerumunan dan antrean. Ngambil koper saja penuh banget orangnya," kata Iyet.

Iyet yang asal Toba, Sumatera Utara itu akan ke Karawang untuk bekerja. "Saya kerja di Karawang, ke Toba untuk liburan. Harapannya penerbangan berjalanan seperti biasanya dan enggak ribet. Tapi prokes juga wajib diterapkan," ujarnya. Sementara itu, di Bandara Soetta tidak ada marka atau petunjuk untuk mencegah kerumunan. Para penumpang pun berjalan dan berkumpul tanpa menjaga jarak.

"Walaupun penerbangan lancar, tapi prokes juga harus dijaga," tutur Ikhwan, penumpang lainnya yang baru terbarang dari Jawa Tengah, diBandaraSoetta. Sementara itu, pihak pengelolaBandaraSoettayakni Angkasa Pura (AP) II belum bisa memberikan komentar terkait protokol kesehatan di bandara. Begitu juga maskapai Lion Air pun irit berkomentar dalam kondisi di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta yang sesak dengan penumpang Lion Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.